Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Teknik/Cara Gerakan Lengan dan Kaki Renang Gaya Bebas

Halo teman-teman, kali ini kami akan coba membahas secara lebih rinci mengenai teknik renang, yaitu teknik gerakan lengan dan kaki pada gaya bebas, karena banyak dari kita yang masih kebingungan mengenai teknik gerakan tersebut, bagaimana cara melakukan gerakan dan kaki yang baik. Oleh karenanya, dibawah ini kami memaparkan setidaknya 18 teknik renang yang harus dikuasai dalam gaya bebas jika ingin menjadi perenang yang baik. Cekidot.

Gaya Bebas

Teknik Gerakan Lengan dan Kaki 

  1. Sewaktu tangan kanan masuk ke dalam air dengan cara menusuk telapak tangan menghadap ke luar dalam permulaan tarikan. Lengan kiri dalam permulaan dorongan. Kaki kanan dalam permulaan tendangan dan kaki kiri persiapan ke atas. Nafas dikeluarkan melalui mulut dan hidung.
  2. Lengan kanan masih dalam tarikan, lengan telah berada setengah dari dorongan. Kaki dalam pelaksanaan tendangan dan kaki kiri segera digerakkan ke atas.
  3. Lengan kanan masih dalam tarikan, lengan kiri pada akhir dorongan. Kaki kanan pada akhir tendangan, sedang kaki dalam perjalanan ke atas.
  4. Lengan kanan akan menekan ke bawah, lengan kiri pada akhir dorongan. Kaki kanan selesai melaksanakan tendangan kaki kiri pada permulaan tendangan.
  5. Lengan kanan berada pada akhir tarikan, sedang mulai mengadakan recovery. Kaki kanan mulai naik ke atas dalam keadaan lurus. Sedang kaki kiri pada pertengahan tendangan. Badan mulai oleng.
  6. Lengan kanan pada akhir tarikan, lengan melaksanakan permulaan recovery dengan siku diangkat. Kaki kanan masih naik ke atas, kaki kiri, masih dalam pelaksanaan tendangan.
  7. Lengan kanan masih dengan dorongan di mana lengan dibengkokkan ke arah dalam. Lengan kiri dalam pelaksanaan recovery, membawa siku kiri ke depan. Kaki kanan dalam mencapai maksimal di atas dan kaki kiri pada tahap akhir dari tendangan. Badan oleng ke kiri, muka ke arah bawah kiri.
  8. Lengan kanan dalam pelaksanaan dorongan dengan sikap membengkok ke dalam. Lengan pada pertengahan recovery dan dengan siku tinggi. Kaki kanan mulai melakukan tendangan, kaki kiri mulai diangkat ke atas pada olengan maksimal ke kiri.
  9. Lengan kanan masih dalam dorongan, lengan kiri setengah perjalanan recovery. Kaki kanan pada tendangan, sedang kaki, kiri naik ke atas dalam keadaan lurus.
  10. Lengan kanan dalam dorongan dengan tekukan pada siku secara maksimal. Lengan kiri mulai entry (masuk). Kaki kanan pada akhir tendangan, sedang kaki kiri pada akhirnya gerakan ke atas. Kepala mulai memutar ke arah kanan.
  11. Lengan kanan masih dalam dorongan, telapak tangan masih dalam dorongan, telapak tangan mengarah ke garis badan, lengan kiri telah menusuk ke air. Kaki kanan persiapan naik ke atas, kaki kiri dalam pelaksanaan tendangan. Kepala menoleh ke kanan.
  12. Lengan kanan pada akhir dorongan, lengan kiri dalam tarikan. Kaki kanan masih naik ke atas kaki kiri pada akhir tendangan dengan sikap lurus. Kepala menoleh ke kanan dan penarikan nafas dilaksanakan.
  13. Lengan kanan telah selesai dengan dorongan, dimana ibu jari menyentuh paha. Lengan kiri dalam pelaksanaan tarikan dengan telapak tangan menghadap ke luar. Kaki kanan mulai menendang, dengan kaki kiri ke arah atas lurus. Kepala mulai menoleh ke bawah.
  14. Lengan kanan dalam recovery, lengan kiri masih dalam tarikan. Kaki kana dalam tendangan, kaki kiri masih naik dengan lurus.
  15. Lengan kanan dalam perjalanan recovery siku tinggi, lengan kiri dan tarikan ke luar. Kaki kanan pada akhir tendangan, kaki kiri berada maksimal di atas.
  16. Lengan kanan pada pertengahan recovery, lengan kaki kiri pada akhir tarikan. Kaki kiri mulai melaksanakan tendangan dengan meluruskan bengkokkan lutut.
  17. Lengan kanan hampir selesai recovery, lengan kiri mulai pada dorongan dengan mengubah telapak tangan ke arah dalam. Kaki kanan dalam perjalanan ke atas dan kaki kiri dalam pelaksanaan tendangan.
Demikianlah ulasan kami mengenai teknik gerakan lengan dan kaki, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman. Terima kasih.

Teknik/Cara Gerakan Lengan dan Kaki Renang Gaya Bebas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Posting Komentar