Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting Dalam Senam Lantai

Guling lenting mungkin sering teman-teman liat, gerakan ini sering dilakukan oleh aktor laga dalam filmnya, gerakan ini biasanya dilakukan oleh aktor pada saat terjatuh dan ingin bangun dengan cepat dan dengan gaya akrobatik tentunya, aktor seperti Jackie Chan, Jet Lee seringkali kita liat melakukan gerakan ini dalam aksi-aksinya. Pasti teman-teman sekalian penasaran, bagaimana cara melakukan gerakan guing lenting tersebut ? berikut ini ulasannya.

Apa yang dimaksud dengan gerakan guling lenting ? gerakan guling lenting adalah melakukan gerakan badan melenting dengan sumbu gerakan ada pinggul/pinggang yang dibantu dengan tolakan kedua tangan dan ayunan/lemparan kedua kaki. Sama seperti berguling, berakan ini juga memerlukan beberapa latihan khusus, berikut ini bentuk latihannya:

Gerak Guling Lenting

Guling Lenting/kip

a. Latihan Mengangkat Kaki

Langkah pertama yang mesti dilakukan jika ingin menguasai gerakan ini adalah melatih diri untuk mengangkat kaki terlebih dahulu kearah kepala hingga pinggul terangkat. 

b. Latihan Mengangkat Kaki dan Menempatkan Telapak Tangan Disamping Telinga

Setelah melakukan gerakan 1 tadi, gerakan selanjutnya adalah bersamaan dengan mengangkat kedua kaki lurus keatas belakang kearah kepala, tempatkan kedua telapak tangan dengan siku ditekuk disamping telinga dengan jari-jari menuju bahu dan ibu jari kearah telinga.

c. Latihan Menendang Kaki dan Menggerakkan Pinggul Serta Pinggang

Angkat kedua kaki keatas belakang kearah kepala, hingga pinggul terangkat. Kedua tangan lurus disamping badan. Pada saat pinggul mulai terangkat, segera tending/lecutkan kedua kaki lurus keatas depan, dengan diikuti melentingkan pinggul/pinggang keatas depan dan diakhiri dengan mendarat pada kedua kaki.

d. Rangkaian Gerakan Guling Lenting Secara Keseluruhan

Setelah melakukan latihan sebagaimana yang dijelaskan tadi, maka akan kita dapat gerakan yang utuh untuk guling lenting sebagaimana gambar berikut ini:

Gerakan Lenting Penuh

Gerakan guling lenting memang tidaklah mudah dilakukan, dibutuhkan kerja keras dan latihan yang ekstra, selain itu semua, gerakan ini juga membutuhkan kelentukan yang baik, hal ini agar supaya tubuh lebih mudah melakukan lecutan sewaktu akan berdiri.

Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting Dalam Senam Lantai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

0 komentar:

Posting Komentar