Penjaskesrek

Blog ini Berisi Informasi Seputar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang Cocok untuk Semua Kalangan.

Cara Bermain Baseball yang Wajib Anda Tahu

Baseball merupakan salah satu olahraga yang cukup populer, utamanya di benua Amerika. Permainan ini merupakan salah permainan yang membutuhkan kerjasama tim yang baik. Lantas seperti apa cara bermain baseball? Berikut ulasannya.

Cara Bermain Baseball

Cara Bermain Baseball

Permainan ini dilakukan oleh 2 (dua) regu, dengan masing-masing beranggotakan 9 orang. Masing-masing akan bertindak sebagai regu pemukul atau penjaga. Regu pemukul akan berusaha berlari-lari antar base, sedang penjaga yang bertugas melambung bola akan berusaha mematikan lari antar para pemain lawannya.


Permainan ini berlangsung dalam 9 inning. Kalau satu regu telah berhasil menguasai 8 inning, dapat dipastikan akan keluar sebagai pemenang. Karena selama itu merka memukul dan berkesempatan berlari, sehingga lebih banyak mengumpulkan point.

Seorang pemukul berdiri di home plate, dan menerima bola yang dilambungkan oleh pitcher e-plate. Pitcher melambungkan bola dengan ayunan tangan baik dari samping atau dari atas. Seorang pemukul dapat saja menolak bola itu, kalau diperkirakan tidak tepat untuk dipukul.

Tetapi kesempatan memukul hanya 3 kali, pemukul harus berlari ke base 1. Kemudian digantikan oleh pemukul berikutnya, sesuai dengan nomor urut yang telah ditentukan dengan nomor dada masing-masing.

Beberapa larangan pitcher adalah:
  1. Melempar ke pemukul tanpa menghadap ke home base.
  2. Melempar ke pemukul atau base 1 (bila ada orangnya), tapi tak jadi sedangkan ia telah menginjak pitcher’s plate.
  3. Melempar ke suatu base tanpa melangkah 1 langkah ke arah base yang dituju, sedangkan ia telah menginjak pitcher’s plate.
  4. Melempar ke pumukul tidak dengan cara yang sebenarnya.
  5. Menggenggam bla terlalu lama sehingga memperlambat permainan.
  6. Berdiri di pitcher’s plate tanpa memegang bola.
  7. Membuat segala gerakan melempar ke pemukul tetapi tidak melakukannya, sedangkan bola masing di pegang.

Hukuman yang diberikan atas pelanggaran yang dilakukan oleh seorang pitcher, adalah apa yang disebut dengan free walk bagi pemukul.

Meninggalkan Base

Seoang pelari base dapat bebas meninggalkan basenya pada waktu pitcher siap di pitcher’s platenya, pelari base masih diperbolehkan meninggalkan base.

Seorang pelari dengan pukulan yang baik, dan dapat kembali dengan selamat melampaui home-base, akan mendapat nilai 1 (satu). Setiap pelari yang menuju ke base tadi, tidak boleh lewat base. Bila lewat bola ditick kecuali lari pada base 1 langsung ke base 2, bukan berpura-pura.
Tetapi bila bola yang dipukul melambung dan berhasil ditangkap regu penjaga, si pemukul dinyatakan ‘mati’. Para pelari lainnya hanya kembali ke base semula dengan segera, agar tidak ‘dibakar’.

Karena itu seorang pemukul selalu berusaha agar pukulannya bagus agar ia dapat lari berkeliling melewati home basenya. Setidak-tidaknya ia dapat lari ke base 1 dengan pukulan yang baik tersebut. Pemain yang lari ke base 1 akan memaksakan pemain yang berada disana untuk lari ke base 2, dan seterusnya.

CATCHER- Catcher berdiri di dalam kotak dibelakang home plate , tugasnya adalah menangkap semua lemparan pitcher yang tidak dipukul oleh batter dan menjaga home plate terhadap runners (pelari bases). Catcher juga harus menangkap bola yang jatuh dekat homa plate dan menjaga runner dari mencuri bases. Catcher mengenakan pelindung muka, pelindung tubuh yang tebal dan pelindung kaki serta sarung tangan.

THE INFIELDERS adalah empat anggota regu merupakan infielders. Base pertama, menjaga base pertama dan daerah sekitarnya. Base mana kedua bermain pada sisi bade kedua menuju yang pertama, sementara short stop bermain pada sisi lainnya dan bersama-sama mereka mempertahankan base kedua. Base man ketiga menjaga base ketiga dan daerah sekitarnya.

THE OUT FIELDERS adalah tiga pemain out fielders menjaga daerah/wilayah dibelakang infielders. Mereka ini terdiri dari left fielder (pada sisi base ketiga), center fielder, dan right fielder.

Cara Mematikan Serang Pemain (Putting a Player Out)

Ada beberapa cara untuk mematikan better. Better dianggap mati jika pitcher melempar 3 strike. Better juga dianggap mati jika bola yang sedang melambung dapat ditangkap sebelum menyentuh tanah. Jika better memukul Fair Ground Ball dan ditangkap oleh seorang Fielder selanjutnya melemparkan bola ke base pertama sebelum batter sampai kesana batter mengatakan “Batter Out”.
Base runner (pelari base) dikatakan out (keluar) jika mereka dibuntuti (tagged) dengan bola, manakala berada di luar base (off the base) atau mereka pergi keluar garis base untuk menghindari tag. Setelah bola yang melambung ditangkap, runner yang gagal menyentuh base terakhir ditahan sebelum seorang fielder dengan bola menyentuh base tersebut dinyatakan out.

Seorang base runner dapat juga dipaksa untuk out. Misalnya jika runner berada pada base pertama dan batter memukul Ground Ball,runner tersebut harus melajur ke base kedua, sehingga base pertama tinggal terbuka (left open) bagi batter. Jika bola tersebut ditangkap (fielder) dan dilemparkan kepada seorang fielder yang berada pada base kedua sebelum runner tiba, runner tersebut adalah Forced Out.
Umpire menentukan apakah batters dan runners selamat atau out.


Itulah beberapa informasi seputar peraturan permainan baseball. Semofa bisa memberikan manfaat bagi teman-teman. Sekian dan terima kasih.

Cara Bermain Baseball yang Wajib Anda Tahu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikbal H

2 komentar:

  1. Borrow money here today at 3% interest rate. Sawda Capital Finance offers all kinds of financial services of all sizes ranging from individuals, companies, and traders globally./Our services are 100% guaranteed and risk-free.

    We build just the right financing for each client, with simple paperwork, quick approvals, and flexible payment schedules. For further details, Kindly contact us via email At sawda.finance@gmail.com

    Intermediaries/Consultants/Brokers are welcome to bring their clients and are 100% protected. In complete confidence, we will work together for the benefits of all parties involved, Looking forward to rendering the best of our services to all esteemed clientele globally.

    BalasHapus
  2. Poker tournaments are an excellent opportunity for players to test their skills against other online poker players from around the world and win big cash prizes. 우리카지노 주소

    BalasHapus